Selasa, 13 Agustus 2024

BUKAN OLEH WAKTU ( Renungan harian ) Pengkhotbah 8:12

Rabu, 14 Agustus 2024

Renungan Pagi 

Pengkhotbah 8:12

Walaupun orang yang berdosa dan yang berbuat jahat seratus kali hidup lama, namun aku tahu, bahwa orang yang takut akan Allah akan beroleh kebahagiaan, sebab mereka takut terhadap hadirat-Nya.


BUKAN OLEH WAKTU


Standar umur manusia adalah tujuh puluh sampai delapan puluh tahun. Kurang dari itu tidak apa-apa asalkan hidupnya tetap baik-baik saja sampai akhir. Lebih dari standar, puji Tuhan, semoga itu adalah hidup yang diberkati dan menjadi berkat bagi orang lain.


Secara pribadi, hidup adalah untuk berbahagia sepanjang hidup. Mulai dari menerima kebahagiaan itu karena ketidakberdayaan terus bertumbuh untuk mencapai kebahagiaan itu dan pada akhirnya menjadi sumber kebahagiaan bagi orang lain.


Sebagai makhluk sosial, setiap orang adalah sumber kebahagiaan; anak kecil memberi kebahagiaan kepada orangtuanya, meski ia hanya tahu tidur dan menangis. Orang yang gagal memberi kebahagiaan kepada orang lain atau hanya meminta kebahagiaan bagi dirinya sendiri adalah orang yang paling tidak bahagia di dunia ini.

Berumur panjang adalah sebuah kebahagiaan tetapi tidak otomatis. Tidak semua yang berumur panjang berbahagia sebab kebahagiaan bukanlah hitungan waktu bahwa semakin lama atau semakin tua berarti semakin berbahagia. Kebahagiaan itu bukan ditentukan oleh waktu.


Kebahagiaan itu adalah keadaan yang diperoleh oleh mereka yang takut akan  Allah. Hidup yang kualitas dan warnanya ditentukan oleh takut akan Allah. Hadirat Tuhan Allah itulah tempat kebahagiaan.


Mazmur 33:12

Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri! 

Pengkhotbah 12:13-14 Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar