Selasa, 13 Agustus 2024

Renungan MATI KARENA PERBUATANNYA ( 1 Tawarikh 10:13-14 )

 Selasa, 13 Agustus 2024

Renungan Pagi



1 Tawarikh 10:13-14
¹³ Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, 
¹⁴ dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai. 

MATI KARENA PERBUATANNYA

Orang yang dimaksudkan adalah Saul yang tidak setia kepada TUHAN. Ia mati terbunuh, tepatnya bunuh diri dalam keadaan terjepit oleh kejaran musuh.
Perbuatan Saul yang tidak setia adalah bahwa ia tidak berpegang pada firman TUHAN dan bahwa ia meminta petunjuk kepada arwah.
Hendaknya petunjuk itu diminta kepada TUHAN melalui nabi-Nya pada zaman itu tatapi Saul yang hatinya memang jauh dari TUHAN lalu mencari jalan keluar lain untuk mengatasi persoalan kehidupan yang dihadapinya.
Saul dibunuh TUHAN, mati karena perbuatannya, adalah sebuah peringatan bahwa ada kematian yang menjadi hukuman atas sikap hidup manusia di dunia ini dan ada orang yang berharga kematiannya di hadapan TUHAN.
Jabatan Saul diberikan kepada Daud mengisyaratkan bahwa setiap tanggung jawab yang diberikan meminta tanggung jawab dari pribadi yang menerima tanggung jawab itu dengan hati yang tulus dan setia kepada TUHAN.
Amos 5:6a

Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar